Pengantar

Hukum Acara Pidana di Indonesia telah mengalami perkembangan yang demikian pesat. Perkembangan tersebut ditandai dengan banyaknya aturan mengenai hukum acara pidana didalam peraturan perundang-undangan. Hal itu terjadi karena Kitab Hukum Acara Pidana (KUHAP) yang menjadi rujukan utama hukum acara pidana tidak mengatur secara lengkap, sehingga masih membutuhkan peraturan lain atau aturan pelaksana didalam penerapannya. Selain itu perkembangan yang ada di masyarakat, mempengaruhi perubahan dan penambahan yang diperlukan dalam hukum acara pidana.

Konsekwensi dari perkembangan hukum acara pidana tersebut, tidak mudah untuk mengetahui pengaturan hukum acara pidana yang tersebar diberbagai peraturan perundang-undangan. Hal ini tentunya dapat menyulitkan masyarakat yang ingin mengetahui dan memahami hukum acara pidana secara komprehensif. Pada sisi lain, tersebarnya pengaturan hukum acara pidana itu dapat mengganggu kelancaran proses penegakan hukum, mengingat institusi penegak hukum dan lembaga lain yang terkait dengan penegakan hukum pidana memiliki aturan hukum acara pidananya masing-masing.

Oleh karena itu diperlukan sarana yang dapat mengumpulkan seluruh aturan hukum acara pidana. Kompilasi hukum acara pidana dalam bentuk website ini merupakan kumpulan dari berbagai peraturan yang mengatur hukum acara pidana. Dengan kata lain website ini merupakan database tentang hukum acara pidana yang dikumpulkan dari berbagai peraturan perundang-undangan. Tujuannya adalah untuk menghimpun seluruh aturan atau ketentuan hukum acara pidana yang masih berlaku, sekaligus sebagai sarana sosialisasi hukum acara pidana kepada masyarakat secara komprehensif dan aktual. Artinya, website ini juga bersifat living document yang setiap perubahan-perubahan hukum acara pidana dapat segera diketahui dan diinformasikan.

Website kompilasi hukum acara pidana ini dibuat melalui beberapa tahapan proses. Pertama, mencari dan mengumpulkan seluruh peraturan perundang-undangan yang mengatur atau memiliki aturan tentang hukum acara pidana. Kedua, menyusun sistematika dan kerangka hukum acara pidana untuk dimuat dalam tampilan website. Ketiga, mendapatkan masukan dan saran-saran dari para ahli (expert) dan stakeholders yang relevan. Keempat, memasukkan data-data tentang ketentuan hukum acara pidana dari berbagai peraturan perundang-undangan kedalam website.

Website ini menyajikan ketentuan hukum acara pidana yang diatur dalam KUHAP, Undang-Undang, Peraturan Pemerintah dan peraturan lainnya yang terkait, termasuk prinsip-prinsip hukum acara pidana yang ada dalam konstitusi (UUD 1945) dan Konvensi Internasional. Penyajiannya disusun mengikuti kerangka atau sistematika tahapan-tahapan yang ada didalam KUHAP, mulai dari penyelidikan/penyidikan, penuntutan, persidangan sampai pasca putusan. Disamping itu penyajiannya dibuat pula berdasarkan pengelompokkan atas klasifikasi hukum acara pidana khusus dan peraturan lain yang terkait. Agar tidak kehilangan sejarah, dijelaskan pula selayang pandang mengenai hukum acara pidana di Indonesia beserta perkembangannya.

Melalui website ini diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengetahui dan mengakses berbagai ketentuan hukum acara pidana. Selain itu diharapkan dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya mengenai hukum acara pidana dan proses perubahan dan penegakan hukum di Indonesia.